5 Rekomendasi Coffee Shop di Ubud Bali

Seniman Coffee Studio

Seniman Coffee Studio Ubud

Diakui sebagai salah satu coffee shop terbaik di Ubud oleh para pecinta kopi. Tempat yang nyaman, atmosfer yang “Ubud banget” serta rasa kopi yang tidak usah diragukan lagi membuat Seniman Coffee Studio selalu ada di urutan atas rekomendasi coffee shop di Ubud.

Seniman menghadirkan biji kopi kelas dunia dari seluruh Indonesia ditambah dari beberapa lokasi biji kopi terbaik di dunia seperti Afrika serta bagian tengah dan selatan Benua Amerika.

Coffee shop ini juga memiliki peralatan untuk roasting dan brewing, ditambah hampir semua peralatan yang ingin dimiliki penikmat kopi. Seniman juga memiliki studio yang kerap melakukan coffee tasting workshop, bagaimana melakukan brewing di rumah, bagaimana membuat espresso hingga dasar-dasar melakukan latte art.

Anomali Coffee Ubud

Anomali Coffee Ubud

Anomali Coffee memiliki dua lokasi di Bali yaitu di daerah Ubud dan Seminyak. Tapi, kalau kebetulan sedang berada di Ubud, para pecinta kopi direkomendasikan banget untuk datang ke Anomali Coffee Ubud.

Anomali Coffee menghadirkan biji kopi dari seluruh Indonesia mulai dari Papua, Jawa, Sumatera bahkan biji kopi lokal Bali yang berasal dari daerah Kintamani.

Coffee shop satu ini memiliki konsep rustic-looking dengan tempat yang sangat nyaman untuk bekerja maupun sekedar menikmati kopi saja. Menghadirkan pula kelas manual-brewing selama satu hari dan kelas barista yang berlangsung selama tiga hari.

F.R.E.A.K Coffee

F.R.E.A.K Coffee Ubud

FREAK Coffee Ubud menyajikan biji kopi lokal organik yang berasal dari sebuah kebun kopi di daerah Kintamani, Bali. FREAK sendiri merupakan singkatan dari Fresh Roasted ‘Enak’ Arabica from Kintamani.

Seperti namanya, kopi yang disajikan pun diakui memang terasa enak. Setiap kopi yang dinikmati oleh pembeli berasal dari biji kopi yang diroasting tidak lebih dari 24 jam sebelumnya. Hasilnya? Kopi yang lebih manis, tidak terlalu pahit dan kaya rasa.

Kualitas kopi ini bisa selalu dicapai karena tiga hal; biji kopi yang berkualitas, peralatan (mesin espresso dan grinder terbaik yang ada di pasaran) dan barista yang sangat kompeten dalam membuat kopi.

Monkey Cave Espresso

Monkey Cave Espresso Ubud

Coffee shop yang berukuran sebesar pos security tapi berada di jantungnya Ubud ini merupakan salah satu pemenang TripAdvisor Travellers Choice Awards tahun 2020 lalu. Walau lokasinya kecil, tapi kopi yang disajikan memiliki rasa yang enak banget.

Mau sekedar grab-and-go atau menikmati suasana Ubud sambil bersantai sebentar bisa didapatkan dari Monkey Cave Espresso. Untuk urusan makanan, coffee shop ini juga memiliki beberapa menu makanan yang tidak kalah enaknya.

Ubud Coffee Roastery

Ubud Coffee Roastery

Satu lagi coffee shop pemenang TripAdvisor Travellers Choice Awards tahun 2020 yang wajib didatangi di Ubud yaitu Ubud Coffee Roastery (UCR). 

Berlokasi di jalan yang biasanya cukup padat, UCR terasa seperti sebuah hidden gem bagi pecinta kopi yang ingin menikmati kopi. 

Tempat ini menyajikan kopi dari biji kopi lokal Kintamani, tersedia dalam pilihan hot/iced. Satu lagi keunggulan dari UCR adalah hampir setiap orang yang datang berkunjung mengakui bahwa tempat ini memiliki salah satu Wifi terbaik untuk sebuah coffee shop.

UCR bukan sekedar coffee shop, tapi juga menjadi tempat dimana para pecinta kopi bisa membeli biji kopi lokal Bali dengan kualitas premium hingga peralatan untuk melakukan home-brewing. 

Itulah lima rekomendasi coffee shop yang ada di Ubud. Setiap coffee shop memiliki kelebihannya masing-masing mulai dari berbagai pilihan biji kopi di Seniman Coffee Studio hingga tempat yang kecil mungil dengan flat-white yang enak banget seperti Monkey Cave Espresso. Silakan didatangi dan buktikan sendiri mana yang paling enak sesuai dengan selera masing-masing.