Wisata Alam Indah di Karangasem Bali

Kabupaten Karangasem terletak di bagian timur pulau Bali. Cikal bakal dari kabupaten ini adalah sebuah kerajaan dengan nama sama yang sudah ada bahkan sebelum kedatangan Belanda ke Indonesia.

Lokasi ikonik di Karangasem termasuk :

  • Gunung Agung, gunung berapi tertinggi di Bali yang masih aktif sampai saat ini.
  • Pura Besakih, komplek Pura terbesar di Bali yang berada di lereng Gunung Agung, dikenal pula dengan nama Mother Temple of Besakih.
  • Istana Air Tirta Gangga dan Taman Ujung, peninggalan kerajaan Karangasem yang sangat indah.
  • serta Desa Tenganan, sebuah desa kuno yang masyarakatnya masih mempertahankan tradisi dan adat kuno pulau Bali sebelum kedatangan pengaruh Hindu.

Dengan luas mencapai lebih dari 800 km, tidak aneh jika Karangasem diyakini masih menyimpan banyak hidden gems berupa lokasi-lokasi cantik yang belum ditemukan. Tapi, tidak perlu khawatir karena saat ini pun ada beberapa lokasi wisata alam indah di Karangasem yang masih belum terlalu tersentuh mass tourism.

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata dengan nuansa alam di Karangasem yang sangat indah, mulai dari pantai hingga dataran tinggi.

Virgin Beach

Virgin Beach Karangasem

Virgin Beach mendapatkan namanya dari para turis mancanegara yang datang dan melihat kalau pantai ini masih “virgin”, tidak seramai pantai Kuta maupun pantai lain di bagian selatan Bali. Nama lain dari pantai ini adalah White Sand Beach, karena pantai ini merupakan satu dari sangat sedikit pantai berpasir putih di Bali timur.

Virgin Beach berlokasi cukup jauh dari pusat kota Denpasar dan satu-satunya cara mencapainya adalah dengan menyewa kendaraan atau menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada kendaraan umum yang menuju pantai ini.

Menggunakan Google Maps seharusnya cukup mudah untuk mencapai pantai ini. Namun, jika tersesat, jangan ragu untuk bertanya pada warga sekitar. Bisa bertanya arah menuju Virgin Beach atau Pantai Perasi, sebutan warga lokal untuk pantai ini.

Apa yang bisa dilakukan di Virgin Beach? Bisa menikmati pasir putih sambil piknik atau berjemur, bisa mencoba makanan lokal khas Karangasem dari beberapa warung yang tersedia atau bisa juga melakukan snorkeling dengan menyewa peralatan snorkeling yang disewakan warga sekitar.

Savana Tianyar

Savana Tianyar Karangasem

Savana Tianyar adalah sebuah tempat yang sangat ‘ajaib’. Di musim kemarau di Bali, savana ini memiliki warga kecoklatan, mirip seperti lanskap ala Australia dan Afrika. Namun, di musim hujan, savana ini berubah 100% menjadi berwarna hijau khas dataran tinggi bahkan sering dianggap mirip dengan savana di Pulau Kenewa, Sumbawa.

Dengan Gunung Agung yang megah sebagai latar belakangnya, savana ini jadi lokasi favorit banyak pasangan untuk melakukan foto prewedding, tapi tidak sedikit yang datang untuk menikmati keindahannya.

Savana ini berlokasi di Desa Tianyar, sekitar 2,5 jam dari pusat kota Denpasar. Opsi terbaik menuju ke lokasi ini adalah dengan mobil atau motor, baik milik sendiri maupun sewa.

Tapi, apa yang bisa dilakukan di Savana Tianyar selain berfoto? Sebagian banyak orang datang ke Savana Tianyar umumnya memang untuk berfoto, tapi bisa juga berpetualang dan menjelajah tanah datar ini dan siapa tau bisa menemukan sesuatu yang menarik.

Beberapa warga lokal juga membiarkan kuda-kuda mereka untuk merumput di savana ini, ada juga warga yang menyewakan motor kecil (monkey bike) yang bisa digunakan untuk berkeliling dan berfoto.

Taman Edelweis Bali

Taman Edelweis Bali Karangasem

Edelweis disebut sebagai ‘bunga abadi’ karena tidak pernah layu dan biasanya hanya bisa ditemukan di pegunungan. Dulu, hanya para pendaki gununglah yang bisa menikmati keindahan bunga ini, tapi sekarang siapapun bisa menikmati keindahan yang serupa di Taman Edelweis Bali.

Berlokasi dengan dengan Gunung Agung, taman ini berlokasi cukup tinggi dan memiliki udara yang sejuk. Jenis bunga yang ditanam di Taman Edelweis ini sebenarnya bukan Edelweis tapi bunga kasna yang dalam jumlah banyak memiliki kemiripan warna dengan Edelweis.

Waktu terbaik untuk datang ke Taman Edelweis Bali ini adalah di pagi hingga siang hari saat hari cerah. Menjelang sore, kabut biasanya sudah turun dan walaupun membuat keindahan bunganya sedikit tertutup tapi justru memunculkan nuansa mistis yang menarik.

Informasi lebih lengkap soal Taman Edelweis Bali bisa dilihat juga di Instagram Taman Edelweis Bali.

Rumah Pohon Karangasem

Rumah Pohon Karangasem Bali

Ada beberapa “Rumah Pohon” dan “Tree House” yang berada di Karangasem, namun ketika seseorang mengatakan Rumah Pohon Karangasem, kemungkinan besar yang dimaksud adalah objek rumah wisata rumah pohon yang berada di Bukit Lamped.

Lokasinya tidak jauh dari Tirta Gangga dan sering dikunjungi oleh wisatawan yang awalnya hanya ingin ke Tirta Gangga. Tidak jauh dari lokasi ini, hanya sekitar 150 meter juga terdapat rumah pohon lain dengan nama Temega Tree House.

Apa saja yang bisa dinikmati di rumah pohon Karangasem? Di Bukit Lamped, tentu saja ada pemandangan persawahan dan hutan rakyat yang indah dilihat dari ketinggian dan ada juga beberapa spot foto yang sudah dipersiapkan oleh pengelola. Sementara, di Temega Tree House yang berlokasi tidak jauh, juga menawarkan menikmati makanan di ketinggian, sebuah pengalaman yang sayang sekali untuk dilewatkan.

Jadi, itulah beberapa tempat wisata alam di wilayah Karangasem yang sangat sayang untuk dilewatkan. Mulai dari bersantai di pantai berpasir putih di Virgin Beach, menikmati putih dan indahnya bunga di Taman Edelweis, berfoto dengan latar megahnya Gunung Agung di Savana Tianyar dan bisa diakhiri dengan makan siang di ketinggian Rumah Pohon Bukit Lamped atau Temega.