Top 10 Coworking Space di Bali

Jumlah orang yang bekerja secara mobile atau remote meningkat pesat di tahun 2020. Tren ini sebenarnya sudah ada sejak beberapa tahun belakangan yang ditandai dengan kemunculan banyak coworking space, khususnya di daerah Bali dan Jakarta.

Pandemi COVID-19 membuat banyak perkantoran mewajibkan pekerjanya bekerja dari rumah, ini juga ikut berperan besar dalam meningkatkan tren remote working dan bekerja di coworking space yang sudah memenuhi protokol kesehatan.

Kenapa memilih bekerja di coworking space?

  • Internet. Coworking space didesain untuk bekerja, tentu kecepatan internetnya jauh lebih cepat dibanding kecepatan internet rata-rata di rumah atau cafe.
  • Networking. Bekerja di coworking space membuka peluang untuk bertemu dengan orang-orang baru yang mungkin bisa diajak bekerjasama atau tukar pendapat.
  • Activities. Coworking space juga sering mengadakan acara-acara khusus untuk para membernya, mulai dari seminar hingga workshop.

Berikut ini daftar 10 coworking space di Bali terbaik yang wajib dikunjungi.

Livit Hub – Sanur

Livit Hub Bali Sanur

Jika dilihat sekilas dari luar, Livit Hub yang berlokasi di Sanur ini terlihat seperti sebuah rumah tinggal. Tapi, jangan biarkan penampilan luarnya mengelabui.

Di dalamnya, terdapat fasilitas lengkap dan internet cepat yang sudah menjadi standar untuk semua coworking space terbaik. Fasilitas seperti communal space, private booth, outdoor sitting area hingga printer dan scanner juga tersedia.

Berbeda dengan coworking space lain yang juga menawarkan coliving (tempat tinggal), Livit tidak menawarkan coliving, namun menawarkan jasa seperti konsultasi bisnis, membantu membentuk perusahaan di Indonesia, rekrutmen hingga mengadakan workshop dan skill academy.

B-Work – Canggu

B-Work Coworking Space Canggu Bali

B-Work Bali tergolong sebagai salah satu coworking space baru di daerah Canggu dimana pembangunannya dimulai pada 2019 dan mulai beroperasi pada 2020.

B-Work membagi fasilitas yang dimiliki menjadi tiga kategori yaitu: Work Space, Healing dan Rest. Work Space terdiri dari ruang kerja kasual, ruang meeting, focus room, ruang seminar hingga studio. Sementara Healing Space terdiri dari rooftop garden, yoga rooftop hingga photo spot. Sementara untuk kategori Rest, ada Bwork Cafe dan kolam renang.

Dengan segudang fasilitas yang dimiliki, tidak heran jika B-Work menjadi salah satu rising star untuk para digital nomad. Selain fasilitas, B-Work juga memiliki kegiatan komunitas seperti yoga, surfing, craft hingga one-day tour.

DOJO Bali Coworking – Canggu

DOJO Bali Coworking Canggu Bali

Dojo Bali Coworking merupakan coworking space paling populer di daerah Canggu.

Memadukan antara coworking space yang serius, coliving yang nyaman dengan cafe dan kolam renang. Para member bisa memilih bekerja dari suasana coworking space yang serius atau dari cafe yang lebih santai namun dengan fasilitas internet yang sama.

Dojo Bali juga berlokasi dekat dengan Echo Beach, salah satu spot surfing terbaik di Canggu. Coworking space ini juga sangat sering mengadakan community event, bahkan pernah menggelar 500 event dalam satu tahun.

Selama pandemi, Dojo Bali Coworking beroperasi secara terbatas sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Outpost – Ubud & Canggu

Outpost Bali memiliki satu lokasi di Canggu dan dua lokasi di Ubud. Ada tiga kata kunci yang selalu digunakan oleh para membernya untuk mendeskripsikan Outpost; Luas, Terang dan Nyaman.

Masing-masing coworking space milik Outpost menawarkan hal yang berbeda. 

Outpost Canggu menawarkan open community space yang luas, lokasi yang dekat dengan pantai dan matahari sepanjang hari. 

Outpost Ubud memberikan pemandangan hutan yang asri serta kesejukan udara Ubud, dikhususkan bagi mereka yang suka bekerja dalam ketenangan.

Outpost Ubud Penestanan memadukan coworking space dengan coliving (tempat tinggal) dalam satu atap, konsep yang sudah mulai banyak ditawarkan oleh coworking space lainnya.

G88 Coworking Space – Kerobokan

G88 Coworking Kerobokan Bali

G88 Coworking Space berlokasi di The Gate 88, bangunan ikonik dengan ekor pesawat yang ada di atapnya.

Coworking Space di Kerobokan ini menawarkan suasana interior yang industrialis dengan pipa-pipa saluran pendingin yang terlihat di bagian atas. Karena terletak di dekat traffic light, G88 Coworking Space juga memberikan nuansa city-life, sesuatu yang sangat jarang bagi sebuah coworking space.

Jika sedang suntuk, ada coffee shop dan gym dalam satu atap yang pastinya bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan semangat bekerja.

Hub Bali – Legian

Hub Bali Legian Bali

Lebih tepat dideskripsikan sebagai apartemen dengan fasilitas coworking space, Hub Bali menawarkan coworking space dengan nuansa perkantoran yang kental namun tetap ramah pada digital nomad.

Selain menawarkan fasilitas tempat tinggal dan coworking space pada umumnya, Hub Bali yang berlokasi di Legian ini juga memiliki fasilitas ‘kantoran’ seperti printer, scanner dan private booth untuk melakukan conference call.

Jika masih ragu, Hub Bali menawarkan free trial untuk communal space mereka sebelum memutuskan menjadi member.

Tropical Nomad – Canggu

Tropical Nomad Canggu Bali

Satu lagi coworking space yang memiliki konsep perpaduan antara coworking space dengan cafe, Tropical Nomad.

Tropical Nomad banyak dipuji karena suasana yang benar-benar menggambarkan kata “tropical” dalam namanya serta pemandangan yang memadukan pesawahan Canggu dan pohon palem.

Nilai tambah dari Tropical Nomad adalah aturan yang memperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar, sesuatu yang biasanya tidak diijinkan oleh coworking space lain.

Kembali Innovation Hub – Seminyak

Kembali Coworking Space Seminyak Bali

Dikenal juga sebagai Kumpul Coworking Space pada awalnya, berlokasi di jalan utama Sunset Road dan merupakan bagian dari platform Kumpul.

Kembali menawarkan perpaduan seimbang antara mereka yang ingin serius bekerja dan mereka yang ingin bekerja sambil menambah relasi. Lokasi ini sering digunakan oleh berbagai organisasi besar mulai dari Kementerian Ekonomi Kreatif hingga Google untuk mengadakan acara-acara mereka.

Lokasinya yang strategis juga menjadi nilai tambah yang dimiliki, tidak terlalu jauh dari pusat belanja besar, rumah makan maupun pantai.

Colabo Coworking Space – Jimbaran

Colabo Coworking Space Jimbaran Bali

Colabo Coworking Space merupakan bagian dari Jimbaran Hub Creative Circle, dimana juga terdapat gedung untuk perkantoran, cafe dan venues untuk mengadakan acara dalam satu lokasi.

Berlokasi di bukit Jimbaran, Colabo memberikan nuansa tenang khas bukit Jimbaran ditemani oleh angin laut Samudra Hindia. Coworking space ini juga secara rutin mengadakan kelas Yoga dan Zumba untuk para membernya.

Colony Creative Hub – Denpasar

Colony Creative Hub Denpasar Bali

Sudah bosan dengan coworking space yang berlokasi dekat pantai atau hutan? Bagaimana dengan coworking space tepat di tengah kota Denpasar? Colony Creative Hub merupakan bagian dari Colony yang berlokasi di lantai atas Mall Renon Plaza.

Mempertahankan konsep coworking space pada umumnya dengan pencahayaan yang terang dan langit-langit yang tinggi, Colony Creative Hub memadukan makanan yang enak dengan keseriusan bekerja.

Jika suntuk bekerja, bisa langsung menonton film di bioskop yang terletak di seberangnya. Atau, jika ingin berbelanja, tinggal turun satu atau dua lantai untuk memenuhi kebutuhan.