4 Pemandian Air Panas di Tabanan yang Wajib Dikunjungi

Pemandian air panas alami adalah salah satu pilihan objek wisata yang bisa dikunjungi saat sedang berada di Bali. Salah satu kabupaten yang memiliki cukup banyak air panas adalah Tabanan.

Sebagian wilayah Kabupaten Tabanan yang berada di kaki gunung tidak hanya memberikan tanah dan persawahan yang subur, tapi juga memunculkan mata air panas alami yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat Berendam Air Panas Mengandung Belerang

Terdapat beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan jika berendam di kolam air panas alami yang mengandung belerang, beberapa diantaranya:

  • Membuat rileks / Menurunkan stress
  • Memperlancar sirkulasi darah
  • Mengobati beberapa penyakit kulit seperti jerawat ruam, eksim dan gatal-gatal.
  • Meringankan sakit sendi dan otot seperti pegal-pegal dan rematik

Namun, perlu diingat untuk tidak berendam terlalu lama, maksimal cukup selama 35 menit saja. Berendam terlalu lama di kolam air panas belerang, apalagi yang tertutup bisa membuat lemas dan pingsan.

Setelah mengetahui manfaat yang bisa didapatkan, tentu semakin ingin dong untuk merasakan sensasi pemandian air panas yang menenangkan. Berikut ini adalah empat pemandian air panas di Tabanan yang wajib banget untuk dikunjungi.

Air Panas Angseri

Pemandian Air Panas Angeri Tabanan

Salah satu nama yang cukup dikenal adalah “Angseri”, nama ini diambil dari nama desa dimana mata air panas ini berada. Air panas Angseri berada di daerah kaki Gunung Batukaru yang menjulang setinggi 2.276 meter.

Air Panas Angseri menawarkan suasana berendam air panas diantara hijaunya persawahan (kalau sedang musim tanam) dan pepohonan dari hutan yang masih sangat alami. Suhu airnya pun sangat pas untuk berendam untuk menghilangkan rasa penat.

Angseri memiliki kolam terpisah antara kolam anak-anak dan dewasa, sangat pas bagi yang ingin berwisata sambil membawa anak-anak. Jaraknya pun terbilang tidak begitu jauh dari Denpasar, hanya sekitar 40 km. Perjalanan pun tidak terasa setelah keluar dari pusat kota Tabanan karena akan disambut dengan pemandangan hijau khas Tabanan yang memukau.

Air Panas Penatahan

Pemandian Air Panas Penatahan Tabanan

Air Panas Penatahan juga kadang disebut sebagai Espa Hot Spring, yang merupakan nama hotel bintang 3 yang berada di lokasi yang sama. Jika Angseri menawarkan persawahan dan pepohonan yang asri, maka Penatahan menawarkan pemandian air panas yang dikelilingi hutan pepohonan alami serta berada di tepi sungai Yeh Ho.

Air panas Penatahan memiliki 3 kolam, dimana dua kolam merupakan kolam air panas yang dengan tingkatan suhu air dan kedalaman berbeda, sementara satu kolam lagi adalah kolam air dingin yang berada dekat tepian sungai.

Tidak suka berendam di depan umum? Tenang saja. Di Penatahan juga ada pilihan kolam private yang bisa disewa dengan tarif per jamnya. Kedalaman kolam private ini juga cukup dangkal, jadi masih aman untuk anak-anak.

Air Panas Belulang

Pemandian Air Panas Belulang Tabanan

Dibandingkan Angseri ataupun Penatahan, Belulang mungkin masih belum terlalu tenar dan masih terus dikembangkan. Tapi, bukan berarti tidak punya keunikannya sendiri. Berbeda dari kebanyakan pemandian air panas alami yang memiliki bau belerang yang cukup menyengat, Belulang hampir tidak memiliki bau belerang ini.

Namun, bukan berarti tidak ada kandungan belerangnya. Justru, kandungannya cukup tinggi jika dilihat dari warna merah di sekitar pancoran air panas di Belulang. Pemandian air panas ini menawarkan pemandangan persawahan dan juga ketenangan.

Air Panas Belulang masih berada di kawasan Pura Luhur Batu Panes, dan sumber mata air panasnya berasal dari Pura Taman Beji Pura Luhur Batu Panes yang jaraknya hanya sekitar 10 meter dari lokasi pemandian.

Air Panas Wisata Eka Tirta (WET)

Pemandian Air Panas Wisata Eka Tirta (WET) Tabanan

Air Panas Wisata Eka Tirta (WET) adalah yang paling baru dalam daftar ini karena baru dibuka pada tahun 2019 lalu setelah beberapa tahun masa perencanaan dan pembangunan. Karena sudah didesain sebagai tempat wisata sejak awal, maka Air Panas WET sudah sangat tertata dengan baik.

Sumber mata air panasnya berasal dari mata air panas yang berdekatan dengan Angseri, kemudian dialirkan dengan pipa menuju WET. Setelah beberapa kali mencoba, akhirnya ditemukan cara agar debit dan suhu air tidak jauh berubah dibandingkan sumbernya.

Terdapat dua kolam umum untuk berendam yang dilengkapi dengan pancuran, kolam dewasa memiliki kedalaman sekitar 1 meter sementara kolam anak-anak hanya 60 cm. Ada pura area pengelukatan yang diperuntukan untuk para pemangku yang ingin menikmati pemandian air panas.

Bilik-bilik private juga disediakan bagi yang tidak ingin berendam di depan umum, ditutupi dengan bambu dan kedalaman kolam sekitar 60 cm, membayar sedikit biaya tambahan untuk mendapatkan privasi sepertinya tidak akan jadi masalah. Namun, tiap pengunjung hanya dibatasi selama 30 menit saja untuk membatasi ada yang lemas atau pingsan karena terlalu lama berendam.

Pilihan ada di tangan Anda, ingin datang ke Angseri dan Penatahan yang memang sudah tenar, ingin mencoba Belulang dengan keunikannya atau ingin mencoba yang baru seperti WET?