tips memakai wifi di ruang publik

Tips Menggunakan Wifi Publik Agar Selalu Aman

Saat sedang di luar rumah, kita sering menghadapi pilihan sulit. Mau memakai data seluler atau wifi publik yang tersedia?

Jika tidak ada gangguan, sebenarnya lebih aman jika menggunakan data seluler pribadi. Tapi, jika tempatnya memiliki sinyal seluler yang lemah atau kebetulan dengan tidak memiliki paket data, maka pilihan satu-satunya hanyalah wifi yang ada di tempat umum.

Kenapa harus waspada menggunakan wifi di tempat umum?

Karena tidak semua wifi yang ada di tempat umum aman untuk digunakan. Beberapa orang bahkan sengaja ‘menyediakan’ wifi umum dengan niat jahat.

Berikut ini adalah beberapa tips memakai wifi di tempat umum agar selalu aman dan merasa nyaman.

tips menggunakan wifi di publik

Pastikan Terhubung dengan Jaringan yang Benar dan Aman

Tempat umum seperti ruang pertemuan, restaurant dan cafe biasanya menyediakan wifi untuk pengunjung. Tapi, pastikan selalu terhubung dengan wifi yang benar.

Kadang ada orang dengan niat jahat sengaja ‘menyediakan’ wifi untuk menipu pengunjung. Misalnya menyamarkan nama wifi yang seharusnya Hotel Pradnya jadi “HoteI Pradnya” dengan huruf “I” besar sebagai “L”.

Bagaimana mengetahui mana jaringan wifi yang benar dan aman?

  1. Bisa dengan bertanya kepada karyawan di tempat tersebut dan melaporkan jika memang ada dua wifi dengan nama yang sama/mirip.
  2. Pastikan jaringan wifi dilindungi dengan password.
  3. Jika masih ragu, sebaiknya tidak menghubungkan laptop, tablet maupun smartphone ke wifi tersebut.

Gunakan VPN

VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network. Cara kerja VPN adalah dengan menjadi terowongan agar data dan informasi yang dikirimkan jadi terlindungi dan tersamarkan. 

Jadi, walaupun ada orang jahat yang berusaha mencuri data-data saat perangkat terhubung dengan wifi umum, pekerjaannya akan lebih sulit untuk dilakukan bahkan tidak mungkin jika dia kurang ahli.

Salah satu penyedia VPN Gratis yang cukup bagus adalah 1.1.1.1 dari CloudFlare.

Hanya Kunjungi Situs dengan HTTPS

Tips berikutnya adalah memastikan bahwa situs memakai HTTPS, atau memiliki ikon gembok hijau.

Ikon ini menandakan bahwa setiap informasi yang dikirim ke situs sudah dienkripsi dan tidak bisa dibaca oleh orang yang tidak berkenpentingan.

VPN dan HTTPS adalah kombinasi yang sangat baik untuk memastikan tidak adanya kebocoran data saat sedang browsing di tempat umum seperti cafe, restaurant atau coworking space.

Aktifkan Firewall

Kehadiran Firewall memang terkadang mengganggu karena sesekali membaca program/software biasa sebagai sesuatu yang berbahaya. Tapi, adanya firewall justru sangat berguna saat sedang ada di ruang publik.

Firewall bisa mencegah informasi hacker mencuri data saat mereka sudah berhasil mendapatkan akses ke perangkat lewat wifi di tempat umum.

Bertindak sebagai satpam dan memantau setiap data yang datang melalui jaringan dan memeriksa keamanannya. Mengaktifkan Firewall ini bisa dilakukan lewat menu Windows.

Jangan Melakukan Transaksi Sensitif

Sangat tidak disarankan untuk melakukan transaksi bersifat sensitif di publik. Apalagi saat terhubung dengan wifi di tempat umum. Transaksi sensitif termasuk:

  • Memasukan detail kartu kredit/debit
  • Menuliskan alamat lengkap beserta nomor telepon
  • Memasukan nomor KTP dan selfie memegang KTP

Awas Terhadap Orang-Orang Sekitar

Selain hacker yang memanfaatkan wifi publik untuk mencuri data. Hal yang juga wajib diwaspadai adalah orang-orang di sekitar.

Pastikan tidak ada yang mengintip saat sedang mengetikan password untuk masuk ke akun tertentu. 

Itulah beberapa tips mengggunakan wifi publik.