Indahnya Lembah Bidadari di Gianyar

Desa Taro adalah salah satu desa tua di Bali yang sudah ada sejak abad ke-8 Masehi. Lembah Bidadari atau Angel Valley adalah salah satu objek wisata menarik yang ada di desa ini.

Walau sebenarnya masih berdekatan dengan Subak Tegallalang yang terkenal dengan keindahan sawah berundaknya, tapi telaga indah ini masih kalah pamor.

Lembah Bidadari merupakan kolam pemandian alam yang lokasinya ada di dasar lembah. Karena kejernihan dan keindahan sekitarnya, warga sekitar dan para wisatawan yang berkunjung menganggap bahwa bidadari pun akan turun untuk mandi di pemandian ini.

Lembah Bidadari Gianyar

Air kolamnya berasal dari mata air alami. Namun, mata air ini sudah mendapat sentuhan tangan warga sekitar yang membuatnya dalam bentuk pancuran air. Kini, pancurannya bisa untuk beberapa orang.

Kolamnya sendiri tidak terlalu dalam dan dari kejauhan terlihat berwarna biru dengan dasar yang terlihat jelas.

Namun, airnya sangat-sangat jernih hingga dasar kolam pun bisa terlihat dengan jelas.

Karena masih belum tersentuh mass tourism, Lembah Bidadari masih sangat alami tapi masih belum memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Jadi, jangan lupa untuk membawa bekal seperti air dan makanan serta P3K jika perlu.

Jangan juga buang sampah sembarangan di sekitar lembah, pastikan bawa pulang semua sampah atau buang ke tempat sampah terdekat.

Bagaimana cara menuju Lembah Bidadari Gianyar?

  1. Mulai perjalanan dengan mengetik Lembah Bidadari di Google Maps atau klik disini
  2. Ikuti petunjuk dari Google Maps, jalan akan mulai menyempit saat mulai memasuki daerah Banjar Sangaji, tapi sepanjang jalan akan ditemani perkebunan jeruk dan area persawahan yang menenangkan mata.
  3. Parkir kendaraan di tempat yang sudah disediakan / pastikan saja tidak mengganggu pengguna jalan lain.
  4. Lanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak.
  5. Jalan yang terjal, hutan yang lebat dan semak belukar akan menjadi ‘rintangan’ sebelum mencapai lokasi.
  6. Saat suara gemericik air sudah mulai terdengar, maka berarti telaga Lembah Bidadari sudah semakin dekat.
  7. Selamat datang di Lembah Bidadari!

Jika datang ke Lembah Bidadari, sempatkan berkunjung ke Lembu Putih Taro, sebuah konservasi dan wisata edukasi tentang lembu putih (sapi putih) sakral memiliki cerita sejarah panjang.