Penyebab dan Cara Mengatasi Indihome LOS

Masalah Indihome LOS biasanya ditandai dengan jaringan internet yang cepat jadi tidak tersedia dan lampu indikator yang menyala merah atau berkedip di bagian LOS.

Penyebabnya pun beragam, mulai dari gangguan pada kabel hingga gangguan pada jaringan utama. Masalah Indihome LOS ini juga menyebalkan karena menyebabkan jaringan internet benar-benar terputus dan tidak bisa digunakan

Ciri-Ciri Masalah Indihome LOS

Ciri ciri dari Indihome LOS

Lampu Indikator LOS berkedip / menyala merah

Ciri paling pasti dari gangguan LOS adalah lampu indikator LOS di router yang menyala merah atau berkedip. Pada keadaan normal, lampu indikator ini harusnya menyala dan berwarna hijau. Jika warnanya berbeda, berarti ada gangguan yang sedang terjadi.

Jaringan internet tidak tersedia

Jika tidak bisa mengecek router secara langsung, salah satu ciri dari masalah Indihome LOS ini adalah jaringan internet yang tidak tersedia. Perangkat apapun yang digunakan, browser apapun yang dipilih maka tidak akan bisa tersambung dengan jaringan internet.

Penyebab Masalah Indihome LOS

Pengaturan modem yang salah

Ini adalah penyebab yang cukup jarang terjadi, apalagi jika sebelumnya modem berjalan normal namun kemudian terjadi masalah LOS. Penyebab ini biasanya sering terjadi saat baru pertama kali memasang modem atau melakukan perpindahan sendiri sehingga ada pengaturan yang salah baik pada router maupun pada modem.

Koneksi kabel yang bermasalah

Salah satu yang umum terjadi adalah terjadi masalah pada koneksi kabel, misalnya kabel yang tidak sengaja terlepas dari modem, tidak sengaja terpotong atau putus akibat digigit hewan.

Memang sedang ada gangguan

Penyebab lainnya yang sangat sering terjadi adalah memang sedang ada gangguan pada jaringan distribusi utama maupun distribusi lokal sehingga mengganggu koneksi internet pelanggan.

Cara Memperbaiki Indihome LOS

Cara mengatasi Indihome LOS dengan mudah

Pastikan kabel terpasang dengan benar

Yang paling pertama harus coba lakukan adalah mengecek dan memastikan semua kabel internet terpasang dengan benar dan tidak ada kabel yang lepas atau terputus. Jika sudah di pastikan semua kabel terpasang dengan benar, tapi lampu indikator Indihome LOS masih menyala merah / berkedip, coba cara kedua.

Matikan dan nyalakan kembali modem

Berikutnya, coba untuk mematikan modem dengan menekan tombol power atau mencabut kabel powernya, tunggu selama 30 detik lalu hidupkan kembali.Ini akan membuat modem melakukan sedikit pengaturan ulang dan mungkin bisa memperbaiki beberapa masalah yang menyebabkan masalah LOS. Tapi, jika cara ini masih tidak berhasil, coba cara berikutnya.

Reset Modem

Reset modem bisa dilakukan dengan dua cara yaitu melalui lubang reset ataupun melalui panel admin.

Jika melalui lubang reset di modem:

  1. Cek modem dan cari lubang reset (biasanya ada di bagian belakang)
  2. Masukan SIM Ejector yang biasa digunakan untuk HP atau bisa gunakan penjepit kertas ke dalam lubang tersebut
  3. Modem akan ter-reset kembali kepengaturan awal

Jika melalui panel admin:

  1. Akses panel admin router di: 192.168.1.1
  2. Masuk ke halaman reset (Biasanya di Administration – System Management)
  3. Klik tombol “Restore to Default” untuk mengembalikan modem ke keadaan awal.

Jika sudah mencoba cara-cara diatas namun indikator LOS masih menyala / berkedip. Cobalah cara terakhir

Panggil Teknisi

Jika cara-cara sebelumnya masih belum berhasil, maka opsi terakhir adalah memanggil teknisi. Teknisi akan memiliki alat dan keterampilan untuk menganalisis sumber masalah dan sesegera mungkin memperbaikinya.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi Indihome LOS yang paling sering umum terjadi. Masalah ini memang memiliki banyak kemungkinan penyebab mulai dari sekedar kabel yang terlepas hingga memang terjadinya gangguan pada jaringan distribusi. Semoga membantu.